Monday, September 16, 2019




Assalamu'alaikum wahai Kaum Blogger \(>v<)
Gimana kabarnya? Baik-baik aja? Wo iya dong ,pastilah baik (mereun :v)
Di post kali ini saya ingin menjelaskan sedikit materi dari beberapa hal mengenai Perangkat Keras/Hardware Komputer.

            Tentunya kita tahu apa itu komputer, ia merupakan termasuk alat elektronik yang sangat penting bagi kita di zaman ini baik kalangan menengah maupun sampai kalangan atas. Komputer ini banyak digunakan di beberapa usaha/pekerjaan seperti di perusahaan,perkantoran,mengetik berita/artikel,membuat aplikasi,game,musik,editing,dsb itu merupakan beberapa kegunaan komputer.

            Nah pada komputer ini terdapat dua perangkat ni guys...Guuuuyss,jangan tidur ea :v

            Nah pada komputer ini terdapat dua perangkat,yaitu Software(Perangkat Lunak), dan Hardware(Perangkat Keras).

            Di postingan saya kali ini saya mau nerangin beberapa Hardware(Perangkat Keras) yang ada pada komputer. Berikut ini adalah beberapa perangkatnya :

1.CPU
Image result for cpu gaming red



CPU, singkataadalah kepedekkan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU pada umumnya. 


2.MONITOR

Image result for monitor gaming
Monitor adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, monitor juga kerap disebut sebagai layar tampilan komputer. Monitor merupakan salah satu perangkat keras (Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah CPU, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat digunakan tanpa menggunakan monitor. Monitor disebut juga dengan VDU (Visual Display Unit).

3.KEYBOARD

Image result for keyboard gaming


Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Atau definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.


4.MOUSE

Image result for mouse gaming red

Mouse merupakan salah satu perangkat peripheral yang sangat dibutuhkan untuk digunakan dalam pengoperasian komputer. Bisa dikatakan komputer akan terasa kurang lengkap atau bahkan kinerjanya sangat menurun jika tidak ada mouse di dalam penggunaannya. Hal ini terkecuali jika kita menggunakan laptop, karena pada laptop trackpad digunakan sebagai pengganti mouse.

5.HEADSET

Image result for headset

Headset adalah sebuah perangkat audio yang memiliki dua device yang digabungkan menjadi satu. Dimana pada headset terdapat perangkat input yakni mikrofon atau microphone dan perangkat output yaitu speaker.


6.SPEAKER

Image result for speaker gaming

Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya.



7.PRINTER

Image result for printer best

Printer adalah perangkat eksternal komputer yang dapat menampilkan data komputer dalam bentuk cetakan, data tersebut bisa berupa text atau gambar yang dicetak kedalam media kertas, kain dan lain sebagainya. Bisa juga diartikan sebagai perangkat elektromekanik yang dapat mengubah data digital ( text atau gambar ) menjadi bentuk fisik.





Naaaah gimana guys,perangkat kerasnya sungguh menarik bukan?

Biasanya untuk satu set komputer itu minimal ada 4 hardware yaitu : CPU,Monitor,Keyboard, dan Mouse. Kenapa Headset ataupun Speaker tidak perlu? Itu hanyalah Hardware tambahan karena dalam CPU itu ada yang namanya SoundCard yang fungsinya pengeluarkan suara yang dihasilkan dari input data komputer yang ada.

OOOOOHHHHH SEPERTI ITU YAAAAAAAA ?!?!?!

Wo iya dong tentunya,pasti kalian penasaran tentang apa-apa aja perangkat yang ada di CPU,karena perangkat yang ada di CPU ini menarik lho.... Nanti saya akan bahas sedikit mengenai perangkat-perangkat yang ada di CPU di postingan yang lain. See yaaa!!!




No comments:

Post a Comment